Strawberry

Jumat, 27 Juli 2018

PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS SERELIA DAN MANFAATNYA

PENGERTIAN SERELIA
Serealia, dikenal juga sebagai sereal atau biji-bijian merupakan sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen biji/bulirnya sebagai sumber karbohidrat/pati. Kebanyakan serealia merupakan anggota dari suku padi-padian dan disebut sebagai serealia sejatisekolahbagiilmu.blogspot.com

JENIS DAN MANFAAT SERELIA



https://www.klikdokter.com/rubrik/read/2700163/sayangi-jantung-anda-dengan-sarapan-serealia
1) Beras
1. Menceg1ah penggumpalan darah
Konsumsi beras putih dapat menjaga keenceran darah sehingga darah tidak mudah menggumpal atau membeku yang menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Jika terjadi penggumpalan darah maka dapat menghambat aliran darah sehingga oksigen dan sari makanan tidak dapat dibawa ke seluruh tubuh sehingga menimbulkan berbagai gangguan kesehatan seperti nyeri dada, nyeri kaki, hipertensi, hingga serangan jantung. Penggumpalan darah juga dapat dicegah dengan mengonsumsi manfaat mendol dan manfaat sagu
2. Mencegah kanker
Sebagai penyakit yang berbahaya dan mematikan kanker sangat dihindari dan ditakuti banyak orang. Berbagai cara dilakuan untuk menghindari penyakit ini salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat seperti manfaat sawi dan buah naga, dan tentunya beras putih. Ya, beras putih yang selama ini kita konsumsi ternyata turut berperan dalam melindungi sel-sel tubuh agar tidak berkembang menjadi sel kanker. Selain itu konsumsi beras putih juga turut meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi virus, bakteri, atau mikroorganisme lainnya yang menyebabkan penyakit.
3. Mencegah penyakit saraf dan otak
Manfaat beras putih lainnya yang tidak kalah penting adalah dapat mencegah timbulnya penyakit-penyakit yang berhubungan dengan saraf dan otak seperti alzheimer, parkinson, epilepsi, demensia, dan lain sebagainya. Tentu saja konsumsi beras putih harus dibarengi dengan konsumsi makanan atau buah-buahan lain seperti manfaat daun benalu, dan sup lobster sehingga kesehatan saraf dan otak tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit.
https://manfaat.co.id/manfaat-beras-putih
2) Jagung

  • Meningkatkan Kesehatan Organ Pencernaan
  • Meningkatkan Kesehatan Organ Pencernaan
    Serat yang terkandung dalam jagung cukup tinggi dan serat tersebut membantu proses pencernaan makanan agar lebih lancar. Berbagai masalah pencernaan seperti susah BAB tidak akan menyiksa lagi.
  • Memperkokoh Tulang
  • Memperkokoh Tulang
    Jagung mengandung nutrisi antara lain magnesium, besi, tembaga, dan fosfor. Berbagai nutrisi tersebut dapat menutrisi tulang untuk lebih kuat dan kokoh. Jagung dapat meminimalkan resiko terkena osteoporosis.
  • Menjadikan Kulit Menjadi Awet Muda
  • Menjadikan Kulit Menjadi Awet Muda
    Kandungan antioksidan dalam jagung yang melimpah dapat membantu untuk menutrisi seluruh jaringan kulit pada tubuh. Jagung dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif agar kulit menjadi lebih awet mudah http://woocara.blogspot.com/2015/10/16-manfaat-jagung-bagi-kesehatan-tubuh.html#ixzz5MR7kpPKr

    3) Jewawut
    Tanaman jewawut memiliki adaptasi yang baik pada daerah bercurah hujan rendah bahkan di daerah kering sekalipun. Jewawut mengandung beragam komponen penting yang berpotensi meningkatkan kesehatan tubuh, antara lain senyawa antioksidan, senyawa bioaktif, dan serat.

    Di Indonesia, pengolahan jewawut masih sangat terbatas. Namun di beberapa daerah jewawut telah dimanfaatkan dengan cara mengolahnya menjadi nasi tetapi masih dilakukan secara sederhana. Awalnya jewawut tersebut dijemur, disosoh, hingga hanya terdapat bagian daging atau endospermanya saja. Selanjutnya, jewawut yang dicampur dengan gula merah dan kelapa, pemanfaatan ini hampir sama dengan memasak beras ketan. Secara tradisional pemanfaatan jewawut yang lain yaitu dengan mengolahnya menjadi bubur, dodol, dan bajet.

    Selain memiliki manfaat positif bagi kesehatan, jewawut dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pangan subtitusi beras sehingga dapat memenuhi kebutuhan kalori harian. Hal ini ditunjukkan dengan kandungan karbohidratnya sebesar 75% yang mendekati kandungan karbohidrat pada beras yaitu sebesar 79%. Keunggulan lainnya dari tanaman jewawut adalah kandungan proteinnya sebanyak 11%, yang lebih tinggi dibandingkan kandungan protein beras yang hanya mencapai 7%.
    tipspetani.blogspot.com
    4) Sorgum
    Pencernaan Kesehatan : Sorgum adalah sumber serat yang penting untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan, bahkan sorgum adalah salah satu sumber serat yang terbaik makanan dunia. Satu porsi sorgum akan memberikan kebutuhan harian kita akan serat yaitu 48% serat dari asupan harian yang direkomendasikan atau lebih dari 12 gram
    Pencegahan Kanker : Lapisan katul dari biji-bijian sorgum mengandung antioksidan yang tidak ditemukan pada banyak jenis makanan lain. Antioksidan ini terkait langsung dengan pengurangan resiko mengembangkan berbagai jenis kanker, termasuk kanker esofagus, terutama jika dibandingkan dengan orang yang secara rutin makan gandum dan jagung
    Pengendalian Diabetes : Karbohidrat yang kita konsumsi berlebihan akan diurai menjadi gula sederhana, sehingga akan meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh dan menyebabkan diabetes, atau menyebabkan masalah bagi orang yang sudah menderita penyakit ini. Namun katul sorgum yang kaya akan zat tannin ini sebenarnya juga memiliki enzim yang bisa menghambat penyerapan pati oleh tubuh, sehingga bisa membantu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam tubuh. 
    https://www.carakhasiatmanfaat.com


    0 komentar:

    Posting Komentar