Strawberry

Rabu, 17 Juli 2019

Jenis dan Manfaat Kelistrikan

Wawasan Kelistrikan 

2. Jenis dan Manfaat

Arus listrik adalah mengalirnya elektron secara kontinyu pada Konduktor akibat perbedaan jumolah elektron pada beberapa lokasi yang jumlah elektronnya tidak sama.
Arus Listrik dibagi menjadi 2 jenis yaitu :
  1. Arus Searah (DC) : Arus searah mengalir secara searah dari titik yang memiliki potensial tinggi ke titik yang memiliki potensial lebih rendah
  2. Arus Bolak-balik (AC) : Arus bolak-balik memiliki aliran arus yang berubah-ubah arahnya
Listrik muncul akibat adanya tipe fisika :
  1. Muatan listrik : sifat beberapa partikel subatomik yang menentukan interaksi elektromagnetik.
  2. Medan listrik : tipe elektromagnetik sederhana yang dihasilkan oleh muatan listrik ketika diam (maka tidak ada aluran listrik).
  3. Potensial listrik : kapasitas medan listrik untuk melakukan kerja padsa sebuah muatan listrik, yang diukur dalam volt.
  4. Arus listrik : perpindahan/aliran partikel listrik, dikur dalam ampere
  5. Elektromagnet : muatan berpindah menghasilkan medan magnetyang menghasilkan arus medan listrik. 
Banyak sekali manfaat energi listrik untuk kehidupan ini, berikut ini berbagai macam-macam manfaatnya yang kita rasakan :
1. Sebagai Penerangan
Saat malam hari, manfaat energi listrik bisa dijadikan sebagai sumber penerangan. Energi listrik bisa digunakan untuk menyalakan lampu.
2. Sumber Energi
Misalnya saja adalah sumber energi untuk menghidupkan berbagai macam peralatan rumah tangga dan juga peralatan elektronik lainnya.
3. Sarana Hiburan
Sarana hiburan bisa menggunakan energi listrik, sebabnya adalah banyak alat-alat dan media hiburan yang menggunakan energi listrik.
4. Penghasil Panas
Listrik bisa dijadikan sebagai penghasil panas, manfaat energi listrik banyak digunakan berbagai macam keperluan rumah tangga.
5. Penghasil Gerak
Misalnya saja energi listrik yang diubah menjadi energi gerak bisa digunakan untuk menggerakkan motor, mobil, kipas angin dan masih banyak lagi lainnya. Saat mengubah energi gerak dibutuhkan arus listrik untuk menggerakkan alat-alat tersebut.

sumber :

1 komentar: